Minggu, 27 September 2015

Asap yang lagi Hitz binti Happening banget

Hola ava kadavra? Lama tak bersua yaa. Oke, kali ini Nacan alias Nadia Cantik akan menceritakan lika-liku kehidupan anak rantau versi kangen banget sama rumah. Ehmm, bukan gitu juga sih. Masih bisa ditahan juga kangennya, tapi ini pengen banget pulang ke rumah gara-gara kemaren g bisa datang ke peringatan 40 harian Siba. Dengan begitu, jiwa ini merasa blom tenang kalo belom pulang ke rumah untuk  melihat makam beliau. Walo udah telat juga sih jadinya gak ngefek. Tapi gimana ya, mengejar ketenangan jiwa memang sangat berharga. Yak! Berharga sangat mahal *nulis sambil nangis sesenggukan mengingat rekening tabungan yang menipis kek selembar tisyu*
Agenda pulang sudah direncanakan, mau pulang Solo Rabu siang, balik Palangka Minggu siang juga. Cukup banget lah waktu buat sekedar nyekar Siba. Etapi sodara sodari….kenyataan tidak semudah itu. Kalteng, khususnya Palangkaraya lagi dilanda bencana asap yang begitu ihwao omaigat tebelnya. Jarak pandang gak sampe 100 meter. Mungkin cuma 50an meter pas saya tinggalkan. Tapi barusan dapet kabar dari temen, akhir-akhir ini kalo sore jarak pandangnya lebih parah, gak sampe 20m. Bayangpun gaess!! Bagekan hidup di atas awan. Indah? NOWAY! BIG NO. Bau dan gak sehat IYA.
Sekedar info, udara berbahaya itu kalo sudah menyentuh angka 350PM. Nah, kemaren Palangka  bisa mencapai 2.314,45PM. Gilak gak tuh?
Oke lanjut yaah. Berhubung saya orangnya well prepared -hmmm ato bisa dibilang panikan-, jadi semua tiket udah beres dari jauh-jauh hari. Tapi tapi tapiiiii, semua berubah ketika Negara api menyerang dan bekerjasama dengan Negara angin. Asap pun bertebaran dengan riangnya di langit dan bumi Kalteng. Segala hal yang  udah di prepare pun kalang kabut. Bener yang terjadi, tiket Citilink Palangka-Surabaya pada tanggal 23 September cancel dadakan setengah hari sebelum jadwal keberangkatan. Etapi masih mending sih, masih ada waktu setengah hari untuk berburu alternative lain. Walhasil saya memesan tiket dari Banjarbaru yang katanya gak begitu parah kondisi asap disana. Jadi tidak mempengaruhi jadwal penerbangan. Palingan juga cuma delay delay tapi g sampe cancel. Hiks. Dan taraaa,, tiket yang dipesan dadakan pasti harganya gimana anak-anak?? Mee?? Hoong. Tp gak masyalah, yang penting pulang SOLO. Biar ketemu Siba. Eh enggak,  biar bisa nyekar Siba yang utama dan ketemu kluarga dong pastinya.
Perjalanan Palangka-Solo berjalan capek lancar. Dalam waktu 11 jam, 4 provinsi saya lewati. Yeah!! Kalteng-Kalsel-DIY-Jateng. Kebayang capeknya? Ahh, jangan dibayangin. Dirasain aja yuk bareng sama saya. Emoh ding, smoga ini yang terakhir lah yaw. Tapi sgala capek ilang soalnya endingnya happy. Endingnya bisa nyampe rumah dengan selamat dan dalam keadaan utuh sehat walafiat.
Okei, 4 malam 3,5 siang saya lalui di Solo dengan luar biasa bahagia dan saya gunakan kesempatan itu untuk mengunjungi Siba, kangen2an sama mother mbaTik deYud Archie Bella & Elmo dan tentunya untuk bernafas lebih sering lebih dalam dan lebih lama. Mayan lah punya lobang idung lbh besar dari rata-rata yang dimiliki suku Jawa gini. Bisa buanyak ngangkut oksigen kalo udara lagi bersih gini. Dan ketenangan jiwa sudah terbayar, waktunya untuk balik rantau. Kebahagiaan itu akhirnya sirna di minggu siang :( udah harus flight lagi ke palangka.
Naaah, tidak cukup sampe sini sirnanya kebahagiaanku. Kan asap di palangka masih parah yaa, Pak Jokowi aja katanya batal meninjau lokasi disana gara2 bandaranya ditutup. Jadi cuma sampe perbatasan kalteng-kalsel aja pake jalan darat.
Akhirnya reroute lah saya. Ganti penerbangan yang pasti-pasti aja, pindah rute dari Solo-Palangka menuju Solo-Banjar. Apa yang terjadi sodara-sodara?? Biaya penambahan jadi kaya upgrade ke bisnis klas. Huahahaa,, alhamdulilah ya, tabungan adek makin mepet ajah. Jadi g bisa blanja blanja onlen lagi seenak hati 😄
Jadi ya teman-temin dan sodara-sodariku, baruuu kusadari –sambil nyanyik- mengobati kangen kluarga demi mencari ketenangan hati dan jiwa itu emang mahal harganya. Gak genep empat hari aja setara dengan iphone 5. Jadi, buat eloh eloh yang masih bisa ketemu kluarga tiap hari tiap waktu, hargaiiiilah bersyukurrrrlah berbahagialah. Salam! Anak rantau iri sama anak rumahan. Hiks 😖

Terminal 2, gate F2 Soetta Intl Airport, 27 September 2015 2.54 PM.

Tidak ada komentar: