Rabu, 12 Agustus 2015

Sampai Jumpa Siba :) Terimakasih

SIBA panggilan sayang saya untuk Bapak/ Ayah/ Papa/ Papi / Dad. Entah dari kapan saya mulai memanggil Siba dengan panggilan itu. Padahal waktu masih baby unyu kinyis-kinyis, dibasake buat manggil "Bapak". Tapi emang dasarnya saya tidak suka hal-hal yang mainstream, jadi manggil Bapak pun kudu yang aneh lain dari yang lain :)
Dari kedua sodara, saya yang paling mirip Siba [physically & mentally]. Hal itu yang membuat saya dan Siba sangat klop. Pas masih kecil, dalam benak saya selalu menobatkan Siba sebagai orang terpintar sejagad. Kenapa? Karena beliau selalu mengritisi/ mengoreksi acara TV. Dengan begitu, Nadia yang saat itu masih pake seragam putih-merah pun meganggap bahwa Sibanya jenius, tahu segalanya, lebih tahu dari TV! Buktinya, beliau bisa membenarkan kesalahan-kesalahan informasi yang dipaparkan acara televisi. Seiring bertambahnya berat badan dan tinggi badan, akhirnya Nadia remaja pun tersadar bahwa bukan Sibanya lah orang terpintar sejagad :D karena emang buanyak acara TV yang sotoi menayangkan informasi -_- Eits, tapi tetep yak Sibaku pintar walopun kadang saya kalo nanya sesuatu kadang dikarangke juga. Pokoknya buanyak deh cerita tentang Siba :)

Namun mulai tanggal 1 Agustus 2015 cerita tentang Siba sudah end. Berakhir. Episode hidupnya di dunia ini sudah fin. Melanjutkan episode baru di Surga yang penuh kebahagiaan bersama Tuhan.
Peristiwanya hampir mirip sama peristiwa Asher yang pernah saya ceritain disini J
Jadi sekitar bulan Mei/ Juni Siba operasi usus buntu sekalian operasi apa lagi gitu ya. . . .g tau. Pokoknya berhubungan sama perut. Selang seminggu setelah Siba operasi, saya baru bisa ketemu. Baru bisa pulang L so sad yak g bisa nungguin pas siba operasi. Waktu itu saya baru bisa pulang purna mengemban tugas negara (ceileh sok penting!haha). Jadi ya gitu deh, bisa ketemu tapi telat. Saat itu Siba masih lemes banget menurtku, tapi kata yang lain udah mendingan dari pas awal habis oprasi dulu. Beliau terlihat bahagia bisa ketemu saya kali itu, sambil bilang makasih karena saya udah nyempetin pulang. *Yaiyalah Baaa. Udah lama g ketemu, Siba lg sakit juga masak g mauk pulang*
Gak sampe seminggu saya bisa menunggui Siba di RS. Karena Senin udah harus kerja lagi, jadi Minggu siang saya balik rantau. Pas udah nyampe kost, saat itu jam 5 sore, dapet kabar juga kalo Siba juga udah boleh pulang ke rumah. Jadi bareng lah kali itu pulangnya. Makin kesini keadaan Siba makin membaik. Seperti biasa, saya, mother dan mb.Tik mulai membully Siba J haha, iyeee, Siba itu yang paling sering kita jadiin korban becandaan. Tapi itu karena kita saying sama beliau. Selang sebulan kemudian, pas Lebaran, itu kesempatan terakhir saya ketemu Siba. Bener-bener gak nyangka. Soalnya, saat itu masih sehat-sehat aja. Kita liburan ke Sarangan, ke Bromo, beliau juga ikut jalan-jalan dan masih sehat.
Libur lebaran pun usai, saatnya balik ke medan perang peraduan nasib. Kali itu hari Minggu, saya lewat Jogja, soalnya tiket dari Solo selisihnya mayan banyak. Jadi ngirit gitu lah. Dari Solo ke Jogja naik kereta bareng Siba. Soalnya beliau juga mau ke jogja ketemu sodara lama dari Spore yang udah dari lama g pernah ketemu. Jadi Siba sangat excited waktu itu. Sayangnya, saat itu kita beda tempat duduk, beda gerbong soalnya rebutan. Nyesel banget waktu itu saya g nemenin beliau aja. Kalo tau itu pertemuan terahir, pasti lah ga bakal egois nyuruh Siba nyari tempat duduk sendiri L
Usut punya usul, ternyata saat itu perut Siba lagi sakit. Tapi g bilang ke siapa pun, takut dilarang pergi ke Jogjanya. Malam harinya pas udah pulang, baru deh Siba cerita kalo lagi g enak perut. Keluhannya sih diare, trus g bisa pup, trus diare lagi. Sempet waktu itu saya yang dikabari orang rumah berpikir : “Duh, Siba ni manja banget sih. Dikit2 obat. Diare, dikasih obat diare jadi g bisa pup. Trs dikasih dulcolax, jadi diare lg. Udah sih, g usah ngobat dulu, biar sembuh sendiri”
Tapi ternyata sesungguhnya, Siba udah bingung juga sama sakit perutnya. Dari Senin-Kamis siang masih di rumah sambil diobati seadanya. Baru Kamis malem minta dibawa ke RS. Dokter blom ngasih tau apa-apa, cuma dikasih obat dan dibiarkan rawat jalan. Tapi keadaan tidak membaik, akhirnya Jumat malem dibawa lagi ke RS dan disuruh opname. Disitu sudah mulai parah, nafas susah. Katanya udah g bisa tidur juga. Akhirnya Sabtu subuh dibawa lah ke ICU karena makin parah keadaannya. Namun di ICU pun g makin membaik malah makin parah. Akhirnya pada pukul 9.25 Siba udah g menderita sakit lagi. Beliau udah dibawa malaikat menghadap dan berkumpul bersama Tuhan di Surga J
Selama seminggu saya di rantau itu g ada feeling apa-apa. Jadi pas dikabari itu sama mb.Tik, kaget banget lah pastik! Lalu saya segera mencari tiket pulang, beruntung kali itu karena dapet aja dengan mudah. Sesampainya di rumah, melihat Siba yang udah g bernyawa lagi berbaring dengan damai. Beneran pasrah beliau, jasadnya tidak menyiratkan kesengsaraan. Udah kaya tidur biasa. Bedanya, tidurnya kali ini sangat tenang, g ada suara ngorok lagi. Hehe, Siba udah bahagia disana. Udah g ngerasain sakit lagi.
Tapi ada satu hal yang masih saya sesali, saya berasa durhaka. Bisa-bisanya pas beliau sakit-sakitnya, saya malah ngrasa kalo Siba manja. Maaf Ba yaa J I Love U. Nyesel banget sih g bisa berbuat yg terbaik dan menunjukkan kasih sayang di akhir-akhir hidupnya. Soalnya g nyangka banget. Mana ada yang tau sih kapan batas waktu seseorang.

Kemaren si Asher, sempet saya bentak-bentak pas g mau gerak (disangkanya udah sehat, tp cuma manja aja) taunya besoknya meninggal L Sekarang Siba,sempet saya negative thinking, eh g sampe seminggu Siba udah ninggalin kita dari dunia ini. Misteri ilahi emang ya.
Jadi buat pelajaran kita semua aja, selalu berbuat baiklah kepada siapa saja terutama sama orang yang disayang. Karena kalo udah ditinggalkan, yaudah. Nyesel deh kaya saya L

Tidak ada komentar: